Tips Beli Koper yang Nyaman ,Bagus, Awet , Ringan Untuk Travelling

Di pasaran tersedia banyak macam koper dari koper kecil sampai yang besar, dari yang mahal sampai koper murmer. terlalu banyak pilihan membuat kita jadi bingung ,jadi bagaimana caranya kita Beli tas koper bagus?

Bingung karena kita tidak tahu yang mana yang bagus, mana yang awet , dan mana yang praktis.
mau tahu rahasianya?
 ini dia pengalaman kami selama 5 tahun.

1. Bahan koper

Bahan koper ada yang terbuat dari kain seperti bahan karung goni

ada yang dari bahan sintetis seperti kain tapi berplastic atau disebut juga ballistic nylon

dan ada juga yang dari Polycarbonate / abs (hard case)
Masing-masing bahan punya kelebihan dan kekurangan nya masing-masing

koper-hardcase

Sedangkan Pc/abs plastic yang berbentuk hard case dibagi menjadi dua, ada yang mengkilap dan ada yang doff. Kekurangan koper dari pc/abs adalah bobotnya pasti lebih berat. tetapi bisa melindungi isinya.

Untuk koper pc/abs yang glossy (mengkilap) biasanya pakai 2x langsung sakit hati, karena koper kita pasti lecet-lecet. Dan kalau ditempel stiker sama security bandara, susah membersihkannya. Pasti ada bekas stiker
Oleh karena itu kalau mau beli pc/abs Disarankan beli yang doff (yang tidak mengkilap) karena kalau lecet tidak terlalu terlihat. dan biasa stiker kurang begitu nempel.

Pc/abs bukan nya gampang pecah?
kami belum pernah melihat ada yang pecah, karena design pc/abs flexible, sehingga ketika jatuh/dibanting jadi sedikit membal. Yang sering adalah ujung-ujungnya penyok penyok dikit.

untuk yang berbahan kain seperti karung, biasanya ada gambar gambarnya, bahan ini tidak di recommend untuk yang clean addict karena jika terkena noda kotoran tidak bisa hilang, namun koper jenis ini biasanya tersedia yang versi light weight (ringan)


2.Beli tas koper bagus cari yang Roda kopernya 4

Koper ada yang 2 roda, ada yang 4 roda. Disarankan beli 4 roda. Karena bisa didorong dan bisa ditarik. Khususnya koper berukuran besar, belilah yang 4 roda.

Karena kalau yg Cuma 2 roda koper harus ditarik. Menyebabkan tangan pegel-pegel.
Kalau kopernya kecil tidak begitu berpengaruh. karena tipe 2 roda biasanya lebih ringan

3. Beli tas koper bagus ukuran apa? cabin size, medium size atau jumbo size?

Kami sarankan beli yang cabin size atau medium size, Karena travelling dengan membawa sedikit barang lebih praktis, dan meringankan beban kita. Apalagi sekarang jaman nya low budget airlines. Traveling tanpa bagasi tentu saja lebih hemat.

Hindari jumbo size. Lho kenapa? Kan enak bisa masuk 1 koper untuk sekeluarga. Malah kopernya bisa buat tempat duduk lagi. Belanja oleh-oleh juga muat banyak lho.

Jumbo size= muat banyak = berat banget = gak kuat angkat

pengalaman kami, jumbo size bisa diisi sampai dengan 25 kg. sangat menyiksa ketika harus naik tangga kalau mengangkat koper 25 kg. tapi kan kita pakai Lift pak, eskalator

iya betul sekali, tapi di airport kan harus di Xray, terus harus di check in, minimal harus diangkat sedikit, terus naikkan ke bagasi mobil? taxi?

bahayanya ngangkat koper overload dapat mencederai punggung. (jika cara angkatnya salah)

saran kami belilah cabin size. distribusikan berat ke angota keluarga.

pernah ada kejadian 1 keluarga bawa koper cuma 1 jumbo, Sang Ayah seperti porter dia bertanggung jawab sendiri dan kerepotan karena harus mengangkat koper yang berat. anak-anak senang membawa koper. berikan mereka kesempatan untuk belajar mandiri.

4.Resleting koper

Cari yang resleting nya besar. Semakin besar tahanan semakin kuat.
Karena ada kecenderungan kita suka memaksakan isi yang berlebihan. Jika resletingnya kecil dan lemah dapat dipastikan resletingnya cepat jebol.

Juga perlu diperhatikan lubang relseting untuk memasukan gembok, bagusnya ada fitur yang sudah built in gembok, yang sudah standar TSA, agar tidak dirusak oleh pegawai bandara bila ada barang mencurigakan dan akan diperiksa oleh mereka,

Lalu bagaimana dalaman koper? Ataupun compartment bagian didalam koper?
Menurut kami itu hanya selera, menurut pengalaman kami, kompartmen utama yang paling besar yang paling memuat banyak barang

Kita dapat mengorganisasikan pakaian dan bawaan dengan memasukan kedalam kantong kantong plastik( ziplock bag)

Trick dari kami adalah seperti berikut : untuk celana-celana 1 plastik, underwear 1 plastik, baju 1 plastik. Sehingga ketika kita mencari celana, kita tidak perlu menganggu bagian underwear dan baju, semua akan tetap rapih.

5.jadi Beli koper mahal atau koper murah?

Jika kopernya kita masukkan bagasi (checked baggage), kami sarankan beli koper yang harga menengah. cari yang kualitasnya baik. tidak perlu terlalu mahal. pastikan kualitasnya baik. Agar tidak mudah rusak waktu dibanting-banting oleh pegawai maskapai maupun pegawai airport.
namun untuk cabin size, bisa sesuai selera, namun bila Anda termasuk traveller yan suka jalan kaki ke mana-mana sambil menyeret koper, naik kereta MRT, bus, dan bukan taxi, saya sarnakan belilah koper kabin yang bagusan, minimal merk American Tourister, supaya koper tidka mudah rusak terutama rodanya. Gak lucu kan kalo roda koper tibatiba patah di tengah perjalanan, kebayang repotnya menggendong koper kabin walaupun cuma 7 kg ke mana-mana . Ampun dah

6. rekomendasi Beli tas koper bagus akhirnya apa?

kami menyarankan beli cabin size (18-20') atau medium size (24-25'). koper dengan 4 roda.
Beli yang resletingnya berkualitas bagus, gembok sudah standar ATS.
Bahan koper boleh pc/abs atau bahan nylon yg lentur sesuai selera.
Bandingkan berat vs kualitas dan harga vs kualitas




Comments

Popular Posts