Menyelam bak Profesional di Derawan

Terumbu karang di Derawan bervariasi-dari dinding dan fringing reef ke gua-gua. penyu hijau besar (Chelonia mydas), whitetip macan tutul dan perawat hiu, schooling barakuda, ikan keling napoleon, ikan sotong, makarel Spanyol, jack dan Ikan bendera, dan ikan karang hias nongkrong di kepadatan rekaman dan keragaman.

Dr Carden Wallace dari Museum Tropis Queensland menemukan lebih dari 50 spesies Acropora karang keras di salah satu karang.





Tidak hanya dimungkinkan untuk menyelam dengan penyu sewaktu menyelam di Derawan, penyu juga ditemukan datang di tanah setiap malam untuk berkembang biak; tukik yang sering ditemui di bawah Cottage dan restoran.




Di sini saya telah menemukan beberapa yang paling mencengangkan dan makhluk aneh yang saya lihat di tahun; bercahaya berwarna,cumi-cumi, panjang (1 meter) ikan buaya, kuda laut ungu jari-ukuran dan spesies tak dikenal cacing, tunicates dan scorpiofish kerdil.


Kualitas menyelam di sekitar Derawan memang impian setiap penyelam, dan saya telah kembali  dan saya akan kembali lagi, lagi dan lagi.

Nah gimana cara ke Derawan ?

Oke kalau masih belum tahu, saya jelaskan sedikit tentang Derawan, biasanya yang suka jalan-jalan apalagi yang suka pantai dan laut pasti suka di ajak “Yuk ke Pulau Derawan”. Tapi di sini saya lebih suka menyebutnya dengan Kepulauan Derawan.
Yup, pesona keindahan lautnya bukan cuma dimiliki oleh Pulau Derawan, tapi juga pulau-pulau di sekitarnya, wisatawan yang ke sini pasti juga mengunjungi pulau tetangganya seperti Pulau Kakaban, Sangalaki dan Maratua.
Keindahan pantai dan bawah lautnya sulit deh diungkapkan dengan kata-kata, datang saja ke sini untuk mengetahuinya. Oh ya Kepulauan Derawan berada di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau.


Bagaimana menuju Kepulauan Derawan?

Ada banyak cara untuk menuju kepulauan Derawan. Semua akan kita bahas dari cara yang paling murah, yaitu:
Via Darat:
Bagi yang sudah berada di Kalimantan bisa dengan jalan darat yang sudah tersambung walaupun di beberapa tempat jalannya masih rusak.
Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.
Rincian Biaya:
Banjarmasin-Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000
Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000
Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 100.000
Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 100.000
Via Udara:
Untuk via udara dari kota asal ada banyak penerbangan menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.
Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.
Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.
Maskapai yang melayani penerbangan Balikpapan ke Berau dan Balikpapan: Sriwijya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung musim dan maskapai, silahkan cek di masing-masing web untuk membandingkan harga.



Tinggal dimana disana?
Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Kepulauan Derawan, dari tingkat penginapan, homestay sampai Resort semua tersedia, tegantung budget anda yang tersedia.
Tempat yang paling lengkap ada di Pulau Derawan, yang paling murah adalah Penginapan Ilham (Rp. 100.000), untuk Homestay di Rumah penduduk sekitar Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 300.000) serta Resort dengan harga di atas lima Ratus Ribu Rupiah hingga jutaan.
Alternatif lain untuk tinggal adalah di Pulau Maratua, di sini juga bisa menginap di homestay penduduk, tapi tarifnya lebih mahal sedikit daripada di Pulau Derawan. Yang punya uang lebih juga bisa mencoba menginap di Maratua Paradise Resort yang terkenal, tarinya permalam dari Rp. 990.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Beach Villa.
Dua pulau lain yaitu Pulau Nabucco dan Sangalaki cuma ada satu buah resort yang bayarnya pakai dolar.

Di Kepulauan Derawan ngapain aja?
Atraksi utama di Kepulaun Derawan tentu saja yang berkaitan dengan wisata air dan bawah laut. Ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi di Kepulaun Derawan, yaitu Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, Bakungan dan Pulau Derawan itu sendiri.
Aktifitas yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu.
Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Derawan dengan tarif sekitar dan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan bagi para diver juga tersedia beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.



Untuk berkeliling di Pulau Derawan bisa bejalan kaki karena pulaunya yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk ke pulau-pulau lainnya karena tidak ada kapal regular jadi harus menyewa sendiri.
Ada beberapa pilihan speedboat yang bisa digunakan untuk berkeliling sesuai, harga tergantung besar dan kapasitas penumpang.
Untuk speedboat dengan kapasitas 3 sampai 4 orang untuk satu hari Rp. 1.900.000 sampai Rp. 2.500.000 untuk satu hari. Speedboat dengan kapasitas 6 orang hingga 12 orang lebih mahal lagi.

Gak mau Repot?

Udah ikut paket tour aja, bagi yang datang cuma sendiri atau berdua memang gabung dengan orang lain akan lebih menghemat di biaya sewa mobil dan speedboat yang harganya lumayan mahal. Kebetulan kita juga ada open trip buat ke Kepulauan Derawan, yang mau gabung silahkan klik di sini (Link)

Contact Person di Pulau Derawan

Travel Samarinda-Berau: 081347257555 / 082149128933
Burhan (082152560137), Travel Berau – Tanjung Batu
Bapak Sanusi (081346538448), pemilik Sari Cottage
Pak Usman (081347807078), Penginapan Ilham
Indra (085651202195), sewa speedboat (Website)
Pak Heru (081346562765), untuk penginapan Derawan Beach Cafe & Cottage
Pak Kadek (08134621782), Danakan Dive Center, dari sewa mobil, penginapan sampai dive trip.
Maratua Paradise Resort 082157169229 atau 085246585368 (Ilsam)

Comments

Popular Posts