Sharing Pengalaman Tips Mencetak Photo Liburan

Hola Travellers, kita ketemu lagi kali ini. Gimana liburan tipis-tipis  kalian barusan?
Selalu unexpected bukan, dan gimana hasil foto liburannya? Pasti bejibun

Kali ini Ezdolcevita akan berbagi tips mencetak foto liburan.
Langkah-langkah yang perlu kalian lakukan pertama-tama adalah ;

1. MEMILIH FOTO YANG TERBAIK
 Pilih foto-foto liburan terbaik kalian. Usahakan memilih yang tidak terlalu gelap/under karena kurang cahaya, maupun yang terlalu overbright alias kebanyakan cahaya.

ezdolcevita.blogspot.com
PETRONAS MALAYSIA NIGHT 


ezdolcevita.blogspot.com
Snapseed icon
2. EDITING BRIGHTNESS & CONTRASTNYA
Bila ada yang pengen banget kalian cetak namun sayang foto itu over atau under, jangan panik dan menangis bombay dulu, saat ini kalian sudah tinggal di abad serba instan dan canggih di mana nenek-nenk tua pun bisa terlihat seperti ABG baru lulus SD, eits apaan sih kok malah ngelantur kesana kemari.. hahahahaha.. Kalau kalian nggak biasa untuk edit foto di laptop, sekaang ada aplikasi editing foto di handphone via aplikasi yang bikin mudah dan praktis sebelum foto itu dicetak, beberapa yang Ezdolcevita rekomendasikan karena kepraktisannya antara lain : Snapseed dan Lightroom. 
Berikut di samping ini ada logo iconnya yang bisa di cari di Google Playstore/ Apple Appstore pasti ada.
ezdolcevita.blogspot.com
Lightroom icon
Kalian bisa menambahkan brighness dan contrasnya sesuai kondisi. Pada dasarnya Photo Under/ Photo kurang cahaya masih lebih bisa di edit dan diselamatkan dari pada sebaliknya. Jangan lupa di SAVE di ukuran aslinya ya (SAVE ORIGINAL SIZE) biar kalau dicetak tetap cakep hasilnya. Apalagi kalau kamera Handphone kalian termasuk kamera kelas top.
Kalau bingung cara pakainya bisa langsung di auto edit aja dari aplikasi tersebut 


3. SAATNYA DI CETAK /DIGITAL PRINTING
Setelah dipilih foto-foto yang terbaik dan sudah kelar diedit . Saatnya untuk dicetak. Untuk Digital Printing (cetak foto Digital), pilihlah printer yang bagus, kalau tidak punya bisa pinjam punya teman, numpang tetangga, pakai punya kantor ataupun kalau pas lagi banyak rejeki  ya bisa beli sendiri. Rekomendasi Ezdolcevita sih belilah Printer yang sudah Inktank, biar isi tintanya ga ribet, praktis, isinya banyak sehingga buat Print Foto ratusan juga aman terkendali ga bikin kantong bolong akibat keseringan beli tintanya. Saat ini sudah banyak kok merk printer ternama dengan sistem tinta Inktank.

ezdolcevita.blogspot.com
HALONG BAY VIETNAM

4. MEMILIH KERTAS PHOTO YANG BAIK
Setelah menentukan pakai printer yang mana, baik numpang printer, beli sendiri maupun nepotisme pakai Printer Kantor, berikutnya adalah pemilihan kertas photo yang baik.
Kertas Photo yang baik sebaiknya memenuhi persyaratan berikut:
  • Memiliki warna dasar kertas berwarna putih yang benar-benar putih
  • Bila suka yang bertekstur glossy, pilihlah yang lapisan coatingnya tidak mudah tergores
  • Pilih yang Water Resistant
  • Bisa digunakan di semua type printer
  • Tahan lama
Dari keempat hal di atas, setelah coba-coba berbagai merek, sampe berderai-derai air mata rasanya karena ga ada yang bener-bener memuaskan, seringkali  hasilnya warnanya ga karuan dan malah bikin rusak printer. 😓😓😫 Suatu saat pas lagi belanja online via salah satu marketplace akhirnya EZDolcevita ketemu yang satu ini dan mencoba beli, dan ternyata gue paling merasa puas dengan hasil cetak foto paper merk ini : "SUN Next Generation Glossy Photo Paper" - produknya berkualitas dengan harga ramah di kantong.  Kertas Photo ini unggul dalam hal : Lebih tahan air, Kualitas Coatingnya special, gak mudah tergores kuku cuy, maklum kuku gue panjang, hasil cetaknya sungguh luar biasa detail dengan tonal warna yang banyak sehingga foto kita mendekati aslinya. Good bye warna kulit kekuningan 😃, kayak orang lagi sakit kuning aja.

ezdolcevita.blogspot.com
SUN INDONESIA
Next Generation Glossy Photo Paper
Terus tinta hasil print juga mudah terserap alias cepat kering di kertas ini sehingga ga blobor kemana-mana ngecap jari dan sebagainya sesaat setelah selesai di print.

Buat yang ingin ikutan pakai bisa beli di online store mereka langsung : 
http://www.sun-indonesia.com/products/14/0/Photo-Glossy-Paper/
Produk ini juga tersedia di berbagai market place online lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dll

Btw..kalau ingin sering dapat hadiah bisa coba ikutan Sosial Media @SunIndonesia, mereka sering mengadakan kuis-kuis yang cetar banget hadiahnya.

Okay..selamat mencetak foto liburanmu yach..and happy travelling fellows

Comments

Popular Posts