15 Tips penting buat Backpacker Cewek

Traveling sendirian tak hanya berlaku bagi kaum adam saja. Tak ada salahnya wanita melakukan solo traveling. Bahkan dengan sendirian, seorang wanita bisa bebas menyusun itinerary selama perjalanan. Tapi ada beberapa tips yang wajib dicermati sebelum traveling sendirian.

Tips ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama masalah keamanan ketika melakukan perjalanan, apalagi ke luar negeri. Ini tips penting bagi wanita yang akan melakukan “solo traveling”.
1. FOTOKOPI IDENTITAS
Fotokopi identitas dan dokumen traveling lainnya adalah hal yang paling kamu butuhkan kalau-kalau kamu kehilangan atau kecopetan.
 Fotokopi identitas dan dokumen traveling lainnya adalah hal yang paling kamu butuhkan kalau-kalau kamu kehilangan atau kecopetan.
Memiliki fotokopi identitas itu sangat penting. Hal tersebut bisa berguna juga di saat kamu sedang melakukan perjalanan. Simpanlah fotokopi itu di tempat lain, selain dompet. Jika berpergian ke luar negeri, maka kamu juga harus memfotokopi paspor. Memfotokopi identitas dimaksudkan untuk memudahkanmu jika terjadi hal-hal buruk, seperti kecopetan saat sedang backpacking.

2. DATANG SAAT PAGI/SIANG
Datang ke tempat tujuanmu saat matahari masih bersinar terang adalah suatu keharusan bagimu yang hendak traveling ke negeri orang.
Datang ke tempat tujuanmu saat matahari masih bersinar terang adalah suatu keharusan bagimu yang hendak traveling ke negeri orang.
Usahakan sampai di sebuah kota atau negara saat matahari masih bersinar terang alias siang hari. Karena di kota-kota kecil, biasanya di malam hari terminal bus atau kereta api sudah sepi, menakutkan, dan tutup lebih awal dibanding kota besar. Jika kamu tiba saat siang hari berarti lebih mudah menemukan tempat tinggal atau hotel sebelum gelap tiba.


3. CARI AKOMODASI YANG AMAN
Menghemat budget untuk biaya akomodasi hotel emang penting, tapi keamanan dan keselamatanmu itu jauh lebih berharga.
Saat berwisata sendirian, pertimbangkan beberapa hal saat mencari kamar hotel agar kamu merasa lebih aman. Mungkin kamu bisa meminta kamar dekat lift sehingga tidak perlu berjalan lama jika terjadi sesuatu. Selain itu, kamu tak perlu melewati lorong yang sepi untuk mencapai kamar.

Saat mengisi formulir pendaftaran, pertimbangkan memakai nama inisial saja, dan lewatkan kotak yang berisi statusmu. Minta petugas resepsionis memberikan nomor kamar dan tidak menyebutkan dengan nada keras. Tujuannya, mencegah orang di sekitar mengetahui di kamar berapa kamu menginap.

Jika berada di hotel yang mengharuskanmu meninggalkan kunci saat pergi ke luar, pastikan petugasnya meletakkan kunci di tempat yang aman, jangan meninggalkan di meja petugas.

4. PILIH KAMAR NON CONNECTING
Posisi menentukan prestasi, karena itu sebaiknya kamu juga terapkan prinsip ini ketika memilih kamar.
Posisi menentukan prestasi, karena itu sebaiknya kamu juga terapkan prinsip ini ketika memilih kamar.
Saat akan booking kamar baik di hotel maupun di hostel, cek dulu keadaan kamarnya. Lebih baik memilih kamar yang tidak mempunyai akses pintu ke kamar lain. Demi keamanan dan kenyamananmu selama menginap.

Nah, kalau memilih kamar di hotel dengan kamar yang diisi dengan beberapa orang, kalau bisa pilih kamar dormitory dengan sesama traveler wanita. Ini untuk menghindari laki-laki yang iseng kepadamu.


5. JANGAN PERCAYA ORANG TAK DIKENAL
Berada di negeri orang berarti kamu adalah salah satu orang asing disana. Kamu sebaiknya tetap menjaga jarak dari semua orang yang nggak kamu kenal.
Berada di negeri orang berarti kamu adalah salah satu orang asing disana. Kamu sebaiknya tetap menjaga jarak dari semua orang yang nggak kamu kenal.
Traveling sendirian apalagi di negara yang riskan seperti India, Kolombia, atau Meksiko tentu amat mengkhawatirkan bagi wanita. Setidaknya, kamu harus memilah orang-orang yang anda ajak berinteraksi. Jangan kamu telan mentah-mentah apa yang dibicarakan orang-orang tersebut. Jangan terlalu percaya jika dirasa kurang logis.

Tetaplah selalu waspada tanpa harus selalu curiga. Seperti di dalam hotel. Jika ada yang mengetuk pintu kamarmu, cek dulu siapa itu. Apakah petugas hotel atau bukan. Ada baiknya kamu tidak membukakan pintu pada seseorang yang tidak dikenal.

6. WASPADAI ORANG SOK KENAL
Kamu juga sebaiknya stay alert walau orang tersebut seorang wanita.
Kamu juga sebaiknya stay alert walau orang tersebut seorang wanita.
Tidak hanya pria, wanita juga bisa melakukan tindak kejahatan padamu saat traveling sendirian. Tetaplah waspada terhadap lingkungan dan orang sekitar. Nenek tua pun patut kamu curigai ketika meminta pertolongan kepadamu. Waspadalah!

7. PAKAI CINCIN MARRIED PALSU

Single atau married, cincin palsu bisa membuatmu "tak terlihat" dan menghindar dari sorotan para cowok hidung belang.
Jangan dianggap remeh cara yang satu ini. Dengan begini, keselamatanmu saat traveling akan tetap terjaga. Saat sendirian di restoran, pantai, atau taman dan ada lelaki asing yang mengajak berbincang-bincang dan kamu merasa kurang nyaman dengan si pria. Maka tunjukkanlah cincin palsu tersebut.

Dengan cincin nikah palsu yang dipakai, kamu dapat berkilah jika tidak traveling sendirian, melainkan dengan suami yang saat ini sedang di hotel atau di lain tempat.

8.HINDARI LARI PAGI SENDIRIAN
Traveling memang seharusnya digunakan untuk liburan. Tapi kalau jiwa atletmu muncul, sebaiknya hindari lari pagi atau sore.
Saat traveling, mungkin kamu masih ingin melakukan kegiatan rutin, seperti lari pagi. Memang, lari pagi di pinggir pantai atau di jalan-jalan sekitar hotel kamu sangatlah menyenangkan. Tetapi, ini justru berbahaya.

Saking asyiknya berlari, kamu bisa saja lupa dengan jalan pulang. Hal ini dapat mengancam keselamatan, bayangkan kamu sedang berada di tempat asing dengan pakaian dan mungkin seadanya. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa melakukan olahraga di gym untuk menjaga kondisi badan.

9.BERPAKAIAN SOPAN
Kapanpun dan dimanapun, pakaian sopan adalah cara paling aman untuk menghargai norma setempat dan keamananmu sendiri.
Agar tidak menarik perhatian orang di sekitar, gunakan pakaian yang sopan, tidak terbuka, atau menonjolkan bagian tertentu. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pakailah rok atau celana panjang. Selain nyaman, kamu pun bisa bergerak lebih bebas.

10.PILIH TRANSPORTASI TERPERCAYA.
 Banyak transportasi yang tersedia di spot-spot traveling. Pilihlah transportasi yang sudah terpercaya pelayanannya.
Saat melakukan perjalanan, tentunya kamu akan pergi ke berbagai tempat. Jika menggunakan kendaraan umum, maka pilihlah yang terpercaya. Selain itu, jika menggunakan taksi, maka pastikan taksi itu benar-benar dari perusahaan yang terpercaya.

11. Berbaur dengan keramaian
Berbaur dengan keramaian adalah salah satu cara pertahanan diri yang sebaiknya kamu kuasai.
Saat berwisata sendirian, bergabung dan bertukar informasilah dengan pengunjung lokal atau sesama turis. Kamu bisa mengasosiasikan diri dengan orang lain sehingga lebih kecil kemungkinannya diganggu. Misalnya, di beberapa negara, ada ruang tunggu stasiun kereta api khusus perempuan. Bergabung dengan sebuah keluarga saat naik transportasi umum adalah salah teknik yang bisa digunakan agar kamu tidak terlihat sendirian.

12. KUASAI BAHASA SETEMPAT SEDIKIT SEDIKIT
Soft skillmu adalah salah satu atribut yang harus kamu kembangkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Saat bepergian mungkin beberapa kali Anda mendapatkan tatapan yang tidak diinginkan, panggilan tidak sopan, atau bahkan pelecehan. Tentu saja kamu harus memiliki teknik pencegahan agar tidak mengalami hal kurang menyenangkan tersebut. Paling tidak kamu menguasai bahasa setempat atau bahasa Inggris jika ke luar negeri.

Pura-pura tidak tahu atau tidak mendengar saat kamu merasa diganggu. Tidak perlu menanggapi sama sekali pembicaraan mereka supaya aman. Bisa juga selama perjalanan di kereta atau bis, kamu membawa novel atau mengirim berita ke teman-teman hingga kamu terlihat sibuk.

13. BERTEMAN BAIK DENGAN PETUGAS KEAMANAN SETEMPAT
Petugas keamanan bukanlah orang yang harus kita takutkan. Mereka bisa jadi orang yang paling kamu andalkan.
Petugas keamanan bukanlah orang yang harus kita takutkan. Mereka bisa jadi orang yang paling kamu andalkan.
Saat berada di hotel atau destinasi wisata, tak ada salahnya kamu berteman baik dengan penjaga keamanan di penginapan atau destinasi. Berinteraksilah dengan orang-orang tersebut. Penting gunanya demi keselamatan kamu sendiri.

Mulailah melakukan pendekatan dengan penjaga penginapan, restoran, bar, atau penjaga pantai. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk bekerja sama. Saat ada orang asing yang berniat jahat, maka kamu akan lebih mudah untuk meminta bantuan.

14. JANGAN TUNJUKKAN WAJAH BINGUNG

Menunjukkan wajahmu yang kebingung di jalan adalah sikap yang harus kamu hindari.
Berjalan dengan penuh percaya diri adalah teknik yang pas agar kamu tidak menarik perhatian orang. Wajah yang kebingungan akan membuat kamu rentan menjadi sasaran orang jahat saat berwisata sendirian . Jika kamu tersesat atau tak tahu arah, cobalah bertanya ke toko, restoran, atau polisi di jalan. Bawalah peta dan pelajari dulu sebelum pergi agar tak perlu melihat di jalan.


15. TETAP STAY CONNECTED DENGAN KELUARGA walau jarak memisahkan kalian.
Pastikan kamu tetap keep in touch dengan kolega tersayang walau jarak memisahkan kalian.
Jangan lupa menitipkan nomor telepon kepada orang yang bisa segera dihubungi jika terjadi sesuatu. Tinggalkan catatan atau jadwal perjalananmu kepada keluarga atau teman-teman. Atau kabarkan via e-mail, posting di sosial media, sehingga orang tahu keberadaanmu dimana.

Kamu juga dapat mendaftar ke Departemen Luar Negeri tentang perjalananmu secara online. Dengan mendaftarkan perjalanan berarti kedutaan mengetahui kehadiranmu di sebuah negara. Hal ini sangat membantu ketika kamu bepergian ke daerah berbahaya atau terjadi bencana alam.

Comments

Popular Posts