Girls Trip to HongKong ( preambule & itinerary )

Sebenarnya beberapa waktu lalu kita para cewek-cewek se kantor sudah lama merencanakan hendak Liburan lebaran ini ke Jepang, namun apa daya saat kita berempat menghadap Travel Agen yang jualan tiket , mereka dengan wajah sadisnya berkata; " Wah kalau tiket pesawat buat Lebaran itu harus dipesan minimal 8 bulan sebelumnya, Mbak, kalau baru mau pesan sekarang ya sudah sangat muahal, jatuhnya sih sekitar mulai 11 jutaan ke atas adanya " ( Padahal itu kita nanya nya 3 bulan sebelum Lebaran loh). Doenkkkkkk...saat itu rasanya dunia udah mau runtuh, gimana tidak, kita berempat sudah jauh-jauh hari menabung buat trip ini, tapi ga segitunya juga lah budget buat tiket pesawat. Alhasil kita berempat pulang dengan tangan hampa, wajah kusut masai, seperti tikus kecepit pintu.

Akhirnya setelah kita semua berunding, kita coba untuk membeli tiket online lewat agen travel online yang lagi hits nih di tanah air, alias Traveloka.com kita coba hunting tiket murah ke Jepang, hasilnya nihil. Yang ada saat itu adalah Promo tiket murah ke HongKong naik LCC TigerAir. Sebelumnya sih kita kagak pernah naik maskapai berbendera kuning ini, namun setelah baca review yang ternyata lumayan juga katanya, kita akhirnya memberanikan diri menebus tiket murah ke Hongkong saat Lebaran dan dapat harga Rp2,2 juta PP per orangnya (pesan 1,5 bulan sebelum hari H). Memang tidak murah-murah banget, namun masih masuklah di budget kami.

Setelah mendapat tiket, kami cepat-cepat menyusun itenerary, berhubung masing-masing punya keinginan sendiri-sendiri, akhirnya kita mencoba menggunakan aplikasi Visit a City (ada di Google Playstore  maupun Appstore) untuk menentukan itinerary yang cocok dengan selera kita.Intinya kita 6 Days 5 night di HongKong. Enaknya dengan aplikasi ini, kita sudah bisa mendapatkan gambaran tempat wisata yang akan dikunjungi itu dan cara/transportasi ke sana.

Hong Kong terdiri atas 4 pulau besar;
  1. Lantau Island : ini tempat airportnya, Disneyland dan Ngong Ping
  2. Kowloon : MongKok, dll
  3. Hong Kong Island ( tempat Ocean Park dan Causeway bay yang mewah itu)
  4. New Territory.

Buat yang mau ke Hong Kong jangan lupa juga instal aplikasi berikut ini di Handphone kalian untuk memudahkan mobilitas kita ;
  • MTR mobile ( isinya tentang MTR apa yang harus dituju saat hendak pergi dari satu tempat ke tempat lain termasuk estimasi waktu perjalanan dan fare-nya)
  • My HK Guide ( Petunjuk tempat-tempat wisata di Hong Kong)
  •  Hongkong map ( peta offline kota Hong Kong )
Oya Transportasi di Hongkong ada beberapa :
  1. MTR(Mass Transit Railway) semacam kereta cepat  bawah tanah seperti MRT di Singapore itu. Namun bedanya, MTR di Hong Kong ini exitnya berjauh-jauhan, jadi jangan sampai salah EXIT ya, bisa tepar nanti jalannya. Namun selalu tersedia taxi kok di mana-mana.
  2. TAXI
Taxi di HK ada 3 warna yang hanya beredar di pulau yang telah ditunjuk ;
Taxi biru : Lantau Island
Taxi Merah : Urban Taxi
Taxi Hijau : New Territories
Namun Airport dan Disneyland bisa dicapai dengan semua jenis taxi.

3. BUS
4. TRAM
5.KAPAL FERRY( yang ini kita tidak coba)

Mata uang yang digunakan ;
Dollar Hongkong (HKD$) dengan kurs ke rupiah saat ini (Juni 2017) sekitar Rp 1710 per 1 HKD

Jadi jangan bawa RMB (mata uang China) ya saat ke Hong Kong walaupun Hong Kong sudah masuk kembali ke wilayah RRC. Masih lebih baik bawa US$ karena money changer ada di mana-mana, walaupunkurang disarankan.


Adapun itinerary singkat kita yang disarankan oleh Visit a City apps adalah sbb :
Day 1 : berangkat dari CGK-HK Transit Singapore, sampainya malam pk 22.00 
Day 2 : HK Disyneland
Day 3 : Ngong Ping 360, CityGate outlet -pindah ke Mong Kok- Avenue of Stars, Symphony of light - The Clock Tower 
Day 4 : The Peak Tram, Sky Terrace, Madamme Tussaud, Causeway Bay
Day 5 : Ocean Park
Day 6 : Shopping Temple Street Night Market, Ladies Market, Sneaker Street, MongKok, Back to HK Airport

oh ya untuk ke Hong Kong ini warga negara Indonesia tidak perlu visa untuk wisata liburan maksimal selama 15 hari. Begitu pula kalau mau menyeberang ke Macau.

Persiapan sebelum berangkat antara lain:
  1. Passport dengan masa berlakau masih panjang dan fotokopimya
  2. Tiket pp, vocer hotel , vocer attraction ( mending beli di Indonesia karena kalau beli on the spot pasti nguantrii dan pasti lebih mahal)
  3. Karena ini musim panas/summer, tidak ada baju khusus yang kita persiapkan. Bawa saja syal/jaket untuk di malam hari, karena angin malam yang lumayan dingin dan kencang.
  4. Wajib bawa payung/jas hujan karena summer di Hong Kong masih sering hujan sedikit-sedikit. 
  5. SUNBLOCK dan Sunglasses is a must, karena  matahari summer cukup terik dan membakar kulit dengan tingkat UV tinggi
  6. Uang Saku minimal Rp 5.000.000/orang (untuk 6 hari)
  7. Obat-obatan pribadi
  8. Sepatu nyaman
  9. Botol minum (buat diisi air dari Hotel, karena di HK tidak seperti di Singapore yang banyak tempat minum mandiri di mana-mana)
Biaya makan di HK sekitar 30-50 HKD sekali makan, dan itu di Depot-depot pinggir jalan kadang-kadang malah lebih mahal daripada di Mall. Untuk di tempat wisata semacam Disneyland  malah lebih mahal lagi, rata-rata di atas 100HKD.

Untuk Transportasi bisa menggunakan Octopus Card, yang bisa dibeli di Airport saat kedatangan dengan biaya minimal 150HKD (isi 100HKD + deposit 50 HKD yang akan direfund saat kartu dikembalikan ) . Octopus card ini semacam Kart Pembayaran mirip Flash BCA gitu yang berlaku di mana-mana mulai dari pembayaran MTR, bus, maupun beli minum di 7eleven.

Untuk tiket tempat wisata semcam Disneyland dan Ocean Park, kita beli di Traveloka.com tiket Disneyland yang sudah termasuk meal/makanannya jadi biar sekalian hemat gitu. Bahkan untuk Ocean Park tersedia grup tiket beli 4 bayar 3, jatuhnya murah banget sekitar 400 ribuan saja per-orang. Kerennya beli tiket di Traveloka nih, kita nggak perlu ngeprint tiketnya, cukup tunjukiin QR code ke petugas Ocean Park di Gate Masuk dan nanti Handphone kita yang di Scan, praktis kan.

Demikian persiapan-persiapan sementara Girls trip ke HongKong ini .
Untuk day 1 dan seterusnya akan kita bahas di artikel berikutnya.





Comments

Popular Posts