GIRLS TRIP TO HONGKONG ( Day 1) DPS-CHANGI-HKIA

 Day 1- Berangkat pk 11.00 WITA dari Denpasar kita cewek-cewe berempat naik maskapai Tiger Airways menuju Hong Kong. Namun dalam perjalanan tersebut kita Transit dulu di Changi Singapore selama 3 jam. Selama transit kita cuman sempat Lunch saja, karena 3 jam bukanlah waktu yang panjang untuk Transit di Changi yang sebesar itu, karena kita harus buru-buru menuju Transfer Desk E ( Terminal 2 Changi) untuk menunjukkan boarding pass lanjutan agar bagasi yang kita bawa dari Denpasar dapat dipindahkan ke Pesawat berikutnya yang menuju Hong Kong. Untung untuk pembelian tiket Tiger Airways ini sudah termasuk TigerConnect sehingga kita tidak perlu Clear/keluar untuk mengurus imigrasi Singapura. Buat temaan-teman yang ada penerbangan lanjutan seperti ini sebaiknya mengurus TigerConnect saja kalau memang waktu Transit kalian mepet banget, biar ga kerepotan antri imigrasi maupun memindahkan bagasi. Karena bandara Changi ini cukup besar dan banyak maskapai yang Transit di sini, di mana tentunya imigrasi dan arus keluar masuk bagasi sangat banyak, yang tentunya berakibat waktu 3 jam tidak akan cukup untuk mengurus semua itu, bakalan lari-lari deh kejar pesawat.(emang angkot ?? 😃 kok dikejar)
Catatan : per 25 Juli 2017 maskapai Tiger Airways telah merger dengan Scoot (anak perusahaan Singapore Airlines) dan untuk seterusnya akan dinamai Scoot

Setelah mengurus bagasi dan boarding pass lanjutan di Transfer Desk E( Terminal 2 Changi) kita menuju boarding gate yang ditunjuk dan melanjutkan perjalanan ke Hong Kong, kali ini penerbangannya lebih lama sekiar 4,5 jam. Saat di dalam boarding gate Changi jangan lupa mengisi air di botol minum kalian ya, secara kita naik pesawat LCC dan agak-agak paranoid juga baca beberapa artikel di internet yang menyebutkan air  minum di pesawat (kopi/teh) itu menjijikan  karena tanki air pesawat kagak pernah dibersihkan. so better prepare it before from Changi  lah... hehehehhe...

Akhirnya setelah penerbangan selama 4, 5 jam yang menjemukan, kurang lebih sekitar Pk 22.00 malam waktu HongKong kita berempat landing  juga di HKIA (Hong Kong International Airport dengan mulus dan cuaca cerah ceria. Tampak dari kejauhan lampu kota Hongkong yang berkelip-kelip. Waktu Hong kong sama dengan WITA alias lebih cepat 1 jam dari Jakarta.
Jadi total perjalanan dan Transit dari Denpasar sampai HKIA sekitar 11 jam

Setelah mendarat di HKIA Terminal 2, hal pertama yang kita harus lakukan adalah clear immigration. Nah ini dia bedanya HKIA dengan Changi, untuk clear immigration di HKIA kita harus naik skytrain dulu dari Terminal 2 ke Terminal 1 , karena di sanalah letak imigrasi maupun pick up baggage nya. Oh ya nggak usah bingung karena semua petunjuk menuju Terminal 1 maupun ke Sky Trainnya terpampang jelas dalam bahasa Inggris di mana-mana di HKIA. Kalau masih bingung bisa nanya ajah ke beberapa petugas airport yang juga fasih berbahasa Inggris dan ada di mana-mana. Mereka helpful banget kok, terutama auntie auntie dan uncle yang sudah berumur rada tua, mereka sangat ramah. Sebagai catatan penting nih, WIFI di HongKong International Airport ini FREE dan bisa langsung connect tanpa password, dan cepat banget speednya 100MBps (duh heaven in earth ini mah namanya 😃) 
Setelah clear immigration yang gampang banget ( lebih mudah dipahami dan didengar nih aksen Inggris nya orang Hong Kong daripada Singapore English ) dan ambil bagasi, kita segera keluar ke Arrival Hall dan mencari 1O1O shop buat beli kartu Tourist SIMCARD 4G hongkong. Harganya 88HK$ untuk 5 hari(data 1,5GB) dan ada yang 118$ untuk 8 hari (data 5Gb). Belilah sesuai kebutuhanmu dan jangan percaya omongan sales mereka, yang selalu berusaha merayumu untuk beli yang lebih mahal.

Setelah urusan simcard selesai kita menuju MTR station membeli HK airport express train ticket. Kalau datang 1 grup berempat ada paketan untuk berempat yang lebih murah hanya 250HK$ (HARUS ditanyakan karena kalau kalian bayar perorangan pasti jatuhnya lebih mahal : @68HK$

Jadi dengan pembelian Airport express juga mencakup :
  • Free Aiport express Shuttle bus services langsung ke depan pintu hotel-hotel ternama di Hong Kong, untuk daftar list hotelnya bisa dilihat di sini
  • free MTR connection
  • free porter services
  • free in town check in services
  • free return journey in sam day trip
  • free wifi in car
  • free charging in car
Notes: dari Hongkong Airport hanya ada TAXI , Airport Express dan bus, tidak ada MTR, jadi harus pilih salah satu dari ketiganya. 
MTR station terdekat dari Airport sangatlah jauh, adanya di daerah Tung Chung.
Untuk mempermudah trip plan mu selama di HK, kalian bisa dowload MTR mobile App yang penampakannya dan logonya sbb :
 Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui MTR mana yang harus kita pergunakan bila ingin dari satu tempat ke tempat lain, termasuk jenis EXIT MTR nya juga.

Di MTR Customer Service Station ini kita juga bisa beli OCTOPUS CARD yang sangat berguna di Hong Kong untuk belanja apapun, bayar apapun termasuk transportasi. Beli seharga 150$HKD dengan isi 100HK$ dan deposit 50HK$ , bila refund maka akan dipotong 9HK$ untuk admin.


Penggunaan Octopus ini mirip dengan flash BCA gitu, dan dapat dipergunakan untuk pembayaran apapun dan diterima di seluruh HongKong. Praktis banget karena bisa di top up di mesin mesin di setiap stasiun MTR maupun 7eleven, dan saat pembayaran nggak dipusingkan dengan masalah uang kembalian juga.

Setelah itu kita segera buru-buru naik Aiport express kloter terakhir menuju Kowloon Station terus diantar dengan Airport Shuttle bus sampai di depan lobby hotel kita di kawasan Mongkok.

Sampai hotel, check in, lalu mandi bebersih diri dan tidur, karena bersiap-siap besok bakalan seharian ke Disneyland.

So itulah Day 1 perjalanan kita berempat di Hong Kong
untuk hari ke 2 kita bakalan mengulas Disneyland (klik disini)

Comments

Popular Posts