Yuk buat Visa Korea Sendiri

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau kita ingin membuat visa Korea mudah sendiri biar tidak ditolak...(kalau cuman ditolak cinta itu mah enteng cuy, lebih sakit ditolak visa, apalagi kalo dah booking hotel dan pesawat, sakitnya tuh...disini😭😭😭😭😭😭😭😭😭)

Perhatikan persyaratan dalam membuat visa korea di bawah ini baik-baik ya agar tidak ditolak:

Persyaratan Visa Korea

 Kalau kamu buka websitenya itu, nanti kamu akan diberi beberapa pilihan jenis visa yang ingin diapply. Kalau ingin jalan-jalan, jadi dipilihnya yang visa korea untuk wisata.

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Visa Korea: 

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah dan juga bukti keuangan
  • Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu: 
  • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI 
  • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
  • Surat keterangan dan copy kartu membership golf
  • Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
  • Surat keterangan pemegang program jamsostek
  • Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun


Aturan baru per 17 Oktober 2016, dokumen Pajak berupa Form 1721 HARUS dilampirkan. Jadi selain rekening koran 3 bulan terakhir dan Bank Recommendation harus lampirkan bukti pajak tahunan itu. Kalau tidak punya 1721, harus membuat pernyataan di atas materai. Bisa download file pernyataan tidak punya SPT dari website kedutaan.


Setelah semua dokumen dilengkapi, kita diminta untuk datang ke Kedutaan Besar Korea di Jakarta. Diperhatikan juga jam layanan untuk masing-masing kebutuhan loh. Seperti untuk pengajuan dokumen aplikasi Visa Korea ini adalah Setiap Hari Kerja jam 09:00 – 12:00 WIB. Jangan sampai terlambat datang loh, sejak dibuka biasanya sudah ada antrian yang mengurus Visa Korea.
Pastikan dokumen aplikasi visa korea ditandatangani semua.

Kontak Kedutaan Besar Korea di Jakarta  untuk membuat visa Korea adalah:

Alamat: Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950
E-Mail : koremb_in@mofa.go.kr
No. Kontak :
(TEL) 62-21-2967-2555
(FAX) 62-21-2967-2556/2557
Konsulat (TEL) 62-21-2967-2580, (Fax) 62-21-2967-2581
(No. Tel. Darurat) 62-811-852-446

Jika Anda memerlukan informasi atau ingin menyampaikan saran, dipersilakan untuk menghubungi nomor sebagaimana tertera di atas.

Jika kamu naik TransJakarta atau Busway, turunnya di halte Tegal Parang saja. Jalan dikit sih. Nah kalau sudah sampai depan Kedubes Korea ini, kamu jalan lurus lagi ke gedung di sebelahnya.
Pengajuan dokumen aplikasi Visa Korea ini adalah di Gedung Konsulat Korea, yang bisa diakses dari sebelahnya. Jadi masuk aja terus nanti ketemu gardu satpam. Kalau datang kepagian, tidak akan dilayani. πŸ˜€

Setiba di tempat, kita diminta mengambil nomor antrian (bicara saja dengan petugas yang ada di dalam ruangan). Pas dipanggil, serahkan dokumen aplikasi Visa Koreanya ke petugas yang melayani. Dia akan memeriksa dokumen satu per satu.

Harga Visa Korea :

Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000**
Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 816.000,-**
Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-**
Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 952.000,-**
**Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Jam Pengambilan Visa Korea
Jika semua sudah beres, petugas akan memberikan tanda bukti dokumen ke kita dan kita diinfokan kapan bisa mengambil Visa Korea kita. Biasanya sih memakan waktu seminggu, namun ada baiknya kita menelpon dulu apakah memang sudah selesai atau belum, lumayan kan kalau bolak balik. πŸ˜€

Pengambilan Visa Korea di tempat yang sama, hanya jamnya saja berbeda, yaitu
Setiap Hari Kerja jam 13:30 – 16:30 WIB.
Gak usah buru-buru datang ke sana deh, karena kondisinya sebelum jamnya tidak akan dilayani.

Datang pada ke lokasi pengambilan visa korea harus tepat waktu
Nah untuk pengambilan, tinggal taruh tanda bukti yang diberikan ke kita ke loket pengambilan (loket yang sama dengan loket penyerahan dokumen). Nanti kita akan dipanggil satu per satu.
Pengajuan visa Korea ditolak biasanya karena masalah dokumen
Saya sempat sih bertanya, biasanya apakah setiap pengajuan Visa Korea ini selalu lolos atau adakah pengajuan Visa Korea ditolak. Menurut sang petugas, biasanya selama dokumen yang diberikan lengkap, Visa Korea akan diberikan. Jadi saran saya kalau mengalami pengajuan Visa Korea-nya ditolak, coba cek lagi dokumennya, apakah ada yang salah dalam dokumennya atau tidak lengkap.

Setahu saya sendiri, pengajuan Visa Korea memang sekarang lebih mudah karena pemerintah Korea sedang giat-giatnya menggalakkan kerjasama dengan Indonesia dalam berbagai bidang dan juga sedang giat menaikkan industri pariwisata mereka.

Membuat visa Korea itu mudah dan cepat kok, pastikan saja dokumen lengkap dan juga gak punya masalah hukum, hehehehe. Kalau memang ingin membuat visa korea dengan bantuan agen, banyak juga yang bisa urus. Pas saya urus ini, banyak agen yang urus.

Terus, kalau visa korea ditolak, jangan langsung patah hati. Coba tanya dulu, apa masalahnya sampai ditolak. Rapikan. Terus ulang deh membuat visa korea nya. Ayoo, siapa yang penegen kertemu So Joon Ki di negeri Gingseng ini?  Yuk langsung cuus..berangkat..

Comments

Popular Posts