Bebas Visa Taiwan buat Paspor Indonesia

Bebas Visa Taiwan untuk Paspor Indonesia

Apakah ini benar bahwa Visa ke Taiwan itu bebas? Pasti kita bertanya-tanya dalam hati, berarti kita dengan bebas masuk ke Negara Taiwan sama halnya seperti pada saat kita pergi ke Negara Singapura atau Malaysia cukup dengan membawa paspor saja tanpa perlu mengajukan Visa.

Eits hal ini tidak 100 persen benar, seperti halnya dengan Visa Jepang yang mana kita pemegang paspor Indonesia bisa bebas visa jika kita telah menggunakan e-paspport dengan  cara kita mengajukan Visa Waiver ke Kedutaan Besar Jepang dengan mengisi form Visa Waiver dan submit ke Kedubes Jepang. Pengajuan Visa Waiver ini tidak dipungut biaya alias gratis. 

Namun apabila kamu masih menggunakan paspor biasa kamu tetap harus mengajukan Visa Jepang seperti pada umumnya. 

Sama halnya dengan Visa Taiwan ada syarat khusus yang perlu kita penuhi agar kita bisa memperoleh bebas Visa tersebut. 

Syarat yang khususnya yaitu apabila memiliki salah satu visa atau izin tinggal dari Negara-negara seperti Amerika, Jepang, Korea Selatan, Australia, Inggris, Canada serta Negara-negara Eropa perjanjian Schengen yang masih berlaku ataupun yang telah habis berlaku namun tidak lebih dari 10 tahun, akan mendapatkan izin masuk ke Taiwan dengan mengisi formulir online melalui website ini.

Jadi jika kamu memiliki salah satu visa dari Negara disebutkan diatas ataupun Visa Waiver Jepang maka kamu bisa memperoleh Free Visa ini

Ketentuan Visa Waiver ada di website resmi ROC no. 9 (sembilan).



Per 1 Juni 2017 jika kamu pernah memiliki Visa Taiwan sebelumnya bisa mengajukan sertifikat ROC ini. Silahkan cek di link ini




Menurut informasi dari teman saya yang dia peroleh dari travel agen bahwa per 1 Nov 2017 bahwa Visa ke Taiwan itu Free. 

Saya pun mencari tahu kebenaran hal ini karena jika benar ini merupakan kabar baik. Jadi saya mengeceknya diwebsite resmi ROC. Untuk free Visa Taiwan Itu benar namun hanya untuk Warga Negara Filipina.

Jadi jika kamu pemegang paspor Indonesia kamu tetap bisa free visa dengan syarat khusus yang saya telah saya bahas diatas. Jika kamu cek ke website ROC untuk Indonesia tidak ada berita tentang Free Visa untuk Indonesia per 1 Nov 2017.





Langkah-langkah memperoleh bebas visa secara online, yaitu:

1. Daftar online melalui website ini
2. Setelah masuk website online Application for R.O.C

Pilih bahasa lalu Next -> Pilih Next lagi -> Baca Aplikasi online lalu pilih Next -> kemudian isi formulir yang tersedia lalu next -> yang terakhir adalah print/cetak pdf Sertifikat registrasi online
Yang perlu dilakukan 


Langkah 1


Langkah 2


Langkah 3


Langkah 4 - isi form 


Sertifikat registrasi online

Sebelum keberangkatan ke Taiwan jangan lupa untuk mengisi kartu kedatangan melalui website imigrasi di link ini. Serta siapkan  dokumen-dokumen yang perlukan pada pemeriksaan keimigrasian Taiwan. 

Online Arrival Card

Dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat pemeriksaan keimigrasian Taiwan, yaitu:
1. Paspor RI yang masih berlaku lebih dari 6 bulan
2. Tiket pesawat Pulang/Keluar
3. Bukti fisik kepemilikan ITAP/ITAS/Visa yang disyaratkan. 
Jika Visa ada dipaspor lama karena berganti paspor, jangan lupa membawa paspor lama tersebut
4. Sertifikat Registrasi online


Pada saat tiba dibandara Taoyuan, Taipei di bagian keimigrasian bandara untuk pemeriksaan paspor, serahkan paspormu beserta dokumen berupa sertifikat registrasi online, tiket pesawat keluar dan salah satu visa persyaratan yang kamu punya.

Jangan lupa isi arrival card. Arrival card disini yang disediakan pihak bandara. Ini perlu diisi atau tidak? Selama kamu sudah mengisi arrival card online kamu tidak perlu mengisi arrival card yang disediakan bandara. 

Namun incase petugas imigrasi meminta arrival card, mereka akan memberikan arrival card untuk kamu isi dan kamu bisa mengisinya ditempat namun jika tidak diminta tidak perlu kamu isi.

Contoh stamp imigrasi ke taipei dengan menggunakan visa online ROC ini  😁


Berikut ini adalah surat dari imigrasi terkait perihal informasi bebas visa Taiwan untuk paspor Indonesia





Semoga pembahasan ezdolcevita bermanfaat buat kamu yang ingin berwisata ke Taiwan. See you di postingan saya lainnya. Oh ya btw banyak kok LCC seperti Jetstar dan Air Asia yang sering promo tiket ke Taiwan, jadi jangan lupa disimak juga yach

Comments

Popular Posts